Subseksi Kegiatan Kerja Lapas Pariaman Asimilasikan WBP Bersihkan Taman Makam Pahlawan

IMG 20220419 WA0051

 

Pariaman,INFO_PAS - Sepintas tidak ada yang berbeda dalam kegiatan kerja bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Rawang Kota Pariaman. Selasa (19/4) siang. Pasalnya, membersihkan makam pahlawan adalah sebuah tanggung jawab yang sudah di amanatkan kepada orang yang telah ditunju.
Namun setelah mengamati ada yang tak lazim. Empat orang berseragam silver merah tersebut ternyata para narapidana dan di dampingi petugas Lapas Pariaman. 
Tanpa pengawalan yang ketat, berbekal alat sapu, sabit hingga mesin pemotong rumput, para narapidana tampak bersemangat melakukan kerja bakti dan membersihkan sampah berupa daun kering.
Kepala Lapas Pariaman, Effendi yang memberintahkan perintah langsung kepada subseksi kegiatan kerja menjelaskan, napi yang mengikuti bersih-bersih  makam pahlawan merupakan napi yang sedang menjalani kegiatan asimilasi kegiatan kerja di Lapas Pariaman bahkan mereka memasuki masa bebas bersyarat.
“Membersihkan makam pahlawan sebagai bentuk upaya menghargai jasa dan perjuangan yang telah diberikan untuk bangsa Indonesia. Kegiatan seperti ini sekaligus menjadi media untuk menumbuhkan sikap nasionalisme bagi para narapidana,” ujar Effendi
Melalui kerja sosial, imbuh Effendi, sebagai bekal bagi narapidana untuk kembali terjun ke masyarakat sebagai orang bebas. Bahwa melalui pembinaan yang dijalani selama menjadi warga binaan, mereka memiliki peran yang baik serta bermanfaat bagi masyarakat.
Kegiatan pembersihan taman makam pahlawan ini juga dalam rangka persiapan upacara tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58.

Cetak   E-mail