Perbaiki Akhlaq, Lapas Pariaman Perbanyak Kegiatan Keagamaan Selama Ramadhan

IMG 20220417 WA0035Pariaman,INFO_PAS- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman, menjalankan program keagamaan selama bulan Ramadhan 1443 Hijriyah bagi warga binaan. "Selama Ramadhan, kita melakukan rutinitas keagamaan yang lebih dibandingkan hari biasa," kata Kepala Lapas Kelas II B Pariaman, Effendi, Minggu(17/4).

 

Kegiatan keagamaan tersebut berbeda jika dibandingkan dengan hari biasa, hal tersebut terlihat dari aktivitas dan materi yang diberikan kepada narapidana (napi) selama Ramadhan. "Kegiatan ini mulai kita persiapkan dari shubuh hingga pukul 22.30 WIB. Rutinitas warga binaan itu dilakukan guna memperbaiki akhlak, kepribadian serta watak para napi," Ujar Effendi.

 

Kegiatan dimulai dari makan sahur yang dipimpin petugas lapas, melaksanakan shalat shubuh berjamaah, dan menjelang Dzuhur para warga binaan akan mengikuti kegiatan siraman rohani yang diberikan oleh para ustaz.

 

Ustaz didatangkan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman, maupun Kabupaten Padangpariaman, ditambah dengan pihak Lapas sendiri.

 

"Setelah shalat Dzuhur bersama, mereka akan kembali melakukan kegiatan seperti biasa, bekerja membersihkan pekarangan lapas, membersihkan kamar, dan kegiatan positif lainya untuk mengisi kekosongan waktu mereka," jelasnya.

 

Ia menyebutkan, pada waktu berbuka puasa para napi juga diberikan makanan dan takjil yang kualitasnya dilebihkan. Setelah itu para napi akan mengikuti shalat berjamaah, ceramah agama, taraweh dan tadarus Alquran bersama.

 

 

Para napi terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan keagamaan tersebut, terlihat dalam kesehariannya mereka secara keseluruhan ikut serta termasuk berpuasa di siang hari. "Di sini hanya ada satu orang warga binaan yang beragama non-Muslim, tetapi mereka tidak menganggu napi Muslim yang sedang berpuasa," jelasnya.

 

Pihak lapas sama sekali tidak ada melarang para keluarga yang datang untuk membawakan makanan untuk warga binaan, namun akan tetap dikontrol dan dilakukan pengecekan sebelum masuk.


Cetak   E-mail